Tempat yang ingin belajar dan berbagi bagaimana ber Hidroponik dan juga menyediakan perlengkapan hidroponik:bibit,nutrisi,rockwool,staterkit untuk pemula dll.

Sabtu, 07 November 2015

Cara menanam selada butterhead:

                                

(gambar dari mbah GOOGLE)

Untuk menanam selada, saya sarankan sebaiknya secara hidroponik. Kenapa? Selada umurnya pendek, sehingga cara tanam hidroponik akan efektif bila menanam selada. Hasil dari penanaman cara hidroponik juga memudahkan dalam perawatan.
Pillihlah selada jenis Butterhead
Untuk penanaman, gunakan rockwool yang sudah dipotong kecil-kecil dan dibasahi. susun dalam wadah, tempatkan benih di rockwool ukuran 2x2x2 cm. Masing-masing 1 benih. Simpan di tempat gelap dan tutup dgn plastik hitam  sesudah pecah (sprout) biasa selada sampai 2 hari bru sprout, sebaiknya langsung dikenalkan pada sinar matahari agar tidak terjadi etolasi(KUTILANG-kurus tinggi langsing.. gak jelas gitu) Tunggu sampai kecambah berdaun sempurna sebanyak 3 atau 4 lembar.
Untuk pupuk atau nutrisi dapat digunakan dosis ringan dengan perbandingan 1:3:3 atau bila diukur dengan ppm sekitar 750 ppm sd 1000 ppm. Baru setelah besar dapat dinaikan ke 1400 ppm.

NB : penanaman dengan metode hidroponik membuat tanaman Selada lebih bersih, lebih segar dan lebih terkontrol ( tidak diserang siput). Dan hasilnya lebih maxsi

“SEMANGATTTT MODE ON…!!!

1 komentar: