Tempat yang ingin belajar dan berbagi bagaimana ber Hidroponik dan juga menyediakan perlengkapan hidroponik:bibit,nutrisi,rockwool,staterkit untuk pemula dll.

Kamis, 05 Maret 2015

Analisis Usaha Budidaya Sawi Pakcoy





Tanaman sawi bila ditinjau dari aspek ekonomis dan bisnisnya layak untuk di-kembangkan atau diusahakan untuk memenuhi permintaan konsumen yang cukup tinggi serta adanya peluang pasar internasional yang cukup besar. Pengembangan budidaya sawi mempunyai prospek baik untuk mendukung upaya peningkatan pendapatan petani, peningkatan gizi masyarakat, perluasan kesempatan kerja, pengembangan agribisnis, peningkatan pendapatan negara melalui pengurangan impor dan memacu laju pertumbuhan ekspor. Kelayakan pengembangan budidaya sawi antara lain ditunjukkan oleh adanya keunggulan komparatif kondisi wilayah tropis Indonesia yang sangat cocok untuk komoditas tersebut, Di samping itu, umur panen sawi relatif pendek dan hasilnya memberikan keuntungan yang memadai. tetapi tanaman yang dihasilkan umumnya masih menggunakan pupuk anorganik sehingga belum berorientasi pada produk organik yang harganya cukup mahal.
Disamping kemudahan dalam proses budidaya, sayur sawi juga banyak dijadikan sebagai peluang bisnis karena peminatnya yang cukup banyak. Permintaan pasarnya juga cukup stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil.Dari sisi ekonomi usaha budidaya sawi pakcoy yang menggunakan cara hidroponik  nilai jualnya bisa sedikit naik, karena dilihat dari pengolahan dan budidaya harus lebih teliti supaya hasilnya bagus.
Beberapa jenis sawi yang saat ini cukup popular dan banyak dikonsumsi masyarakat, antara lain sawi hijau, sawi putih dan sawi pakcoy atau caisim. Dari ketiga jenis sawi tersebut, pakcoy termasuk jenis yang banyak dibudidayakan petani saat ini. Batang dan daunnya yang lebih lebar dari sawi hijau biasa, membuat sawi jenis ini lebih sering digunakan masyarakat dalam berbagai menu masakan. Hal ini tentu memberikan prospek bisnis yang cukup cerah bagi para pengusaha sawi pakcoy, karena permintaan pasarnya cukup tinggi.
Untuk membudidayakan sawi pakcoy, sebaiknya pilih daerah yang memiliki suhu 15-30° celcius, dan memiliki curah hujan lebih dari 200 mm/bulan. Sehingga tanaman ini cukup tahan untuk dibudidayakan di dataran rendah. Tahapan budidaya sawi pakcoy di dataran tinggi dan di dataran rendah juga tidak terlalu berbeda, yaitu meliputi penyiapan benih, pengolahan lahan, teknik penanaman, penyediaan pupuk tahapan budidaya sayur sawi pakcoy yang dapat membantu Anda.
Sawi pakcoy, yang beberapa daerah disebut sawi hijau atau sawi caisin, merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan kita. Sawi tergolong marga Brassica, yang dimanfaatkan adalah daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Melihat geografis Indonesia sangat tepat sebagai sentra tanaman sayuran diantaranya adalah sawi. Ditinjau dari aspek klimatologis, aspek teknis, aspek ekonomis dan aspek sosialnya sangat mendukung, sehingga layak untuk diusahakan di Indonesia. tanaman yang banyak dikonsumsi langsung penduduk pedesaan ini memiliki peran strategis sebagai bahan baku industri pangan di dalam negeri dan komoditas ekspor. Manfaat sawi sangat baik untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan pada penderita batuk. Penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan.Sedangkan kandungan yang terdapat pada sawi adalah protein, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C. Kadar vitamin K, A, C, E, dan folat pada sawi tergolong dalam kategori excellent. Mineral pada sawi yang tergolong dalam kategori excellent adalah mangan dan kalsium. Sawi juga excellent dalam hal asam amino triptofan dan serat pangan (dietaryfiber).(Anonim, 2006).
 
  ANALISIS FINASIAL

Peluang Usaha
Untuk peluang usaha sawi dewasa ini sangat prospektif dimana banyaknya permintaan dari para konsumen sehingga merupakan peluang besar bagi para petani atau yang mau mengusahakan tanaman sayuran khusunya tanaman sawi.
Aspek Pengembangan
Bila diusahakan secara profesional budidaya sawi sangat perspektif untuk dikembangkan mengingat dari banyaknya permintaan dari masyarakat. Mengingat pentingnya sayuran untuk kesehatan sehingga permintaan akan sayur terus meningkat namun peluang ini belum mampu dimanfaatkan secara maksimal mengingat kendala yang dihadapi dilapangan diantaranya musim yang tidak menentu, luas lahan yang semakin sempit akibat dari konfersi lahan serta faktor lainnya. Namun ini semua bukan menjadi halangan untuk mengembangkan usaha sawi mengingat banyaknya teknologi yang tidak membutuhkan lahan yang banyak untuk buididaya tanaman khususnya sayuran.
Saran
  • Usaha ini jika diusahakan dengan sungguh-sungguh akan memberikan prosfek keuntungan yang besar.
  • Dalam perawatan sawi lebih diperhatikan secara penanaman, perawatan sampai dengan pemanenan.(gubuk tani.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar